Topik: Bertanya tentang tips membuat toko online dari sudut
pandang marketing agar laris manis.
Dear Mas Doddy Hidayat Konsultan Kreatif
Saat ini saya sedang memesan sebuah toko online. Saya
mempunyai produk yang optimis diminati. Tetapi saya masih kuatir dengan prospek
toko online itu sendiri, mengingat banyak yang sukses tapi lebih banyak lagi
yang gagal. Karena saya lihat, toko online kebanyakan tidak dibuat berdasarkan
asumsi bisnis kreatif atau marketing modern, maklum kebanyakan yang buat kan
berlatar belakang IT bukan marketing. Demikian pertanyaan saya, alhamdulillah
kalau dijawab, thanks
Amira- Jakarta
Halo Amira, terimakasih atas kiriman pertanyaannya. Bagus
mau bikin toko online dan lebih bagus lagi mau bertanya. Biar tidak sia – sia
dalam berinvestasi dan tentunya memiliki toko online yang laris manis. Ok,
langsung saja ya kita bahas poin perpoin sesuai request kamu, Tips membuat toko
online dari sudut pandang Marketing agar laris manis. Here we go
1. Semua harus bisa dijual
Prinsip dasar marketing: Semua harus bisa dijual. Apa saja
yang bisa dijual? Ya apa saja, biasanya dikelompokan menjadi tiga unsur: Info,
produk dan jasa . Info tentang produk dan jasa, produk tentang info dan jasa
atau bahkan jasa tentang info dan produk. Kombinasi dinamis yang harus dipahami
dalam menjual (marketing). Jadi Toko online kamu kalau mau laris manis, profit
dan berkelanjutan harus memenuhi prinsip dasar marketing yang pertama ini.
Perlu contoh? Simak poin berikutnya.
2. Kombinasi Dinamis menjadi Nilai Tambah
Sebuah toko online selain sebagai tempat jualan, mempunyai
fungsi yang juga tak terbatas tergantung kreativitas pengelolaan dan tentu saja
pendekatan dari sudut pandang marketing. Paling tidak sebuah toko online bisa
menjadi sangat strategis sebagai media
tempat berhimpunnya :
a. Produsen (pembuat
barang).
b. Penjual,
c. Penjual dari penjual atau yang biasa disebut agen (dalam istilah
online juga dikenal sebagai refferal).
d. Pengunjung
e. Pembeli dan pelanggan.
e. Pengiklan membayar (advertiser) dan pengiklan di bayar (publisher).
f. Perbankan dan perusahaan pembayaran seperti Paypal,
Payza, Ego Pay, dsb.
Disini arti berhimpun bukan berarti saling berhubungan
langsung, tetapi menunjukan sejauh mana toko online tersebut dapat membangun
sistem bisnis dengan menciptakan mata rantai yang dapat menguntungkan semua
pihak. Coba bayangkan jika semua peran tersebut bisa di akomodir dalam
kombinasi dinamis di toko online kamu, waw luar biasa. Jualannya mungkin hanya
telor asin tapi bisa melibatkan ribuan bahkan jutaan orang diseluruh dunia,
berapa tuh dahsyatnya dampak bisnis yang sudah kamu lakukan? Nah itu maksud
dari pengelolaan info-produk-jasa dalam kombinasi dinamis yang menjadi nilai
tambah. Kata kunci: Nilai tambah (add Value).
3. Jangan buat toko online jika:
a. Toko online kamu lelet dan lambat loading.
Engga usah
pake lama, kamu akan segera bangkrut karen a ditinggalkan calon pembeli dan
pelanggan. Ukuran lambat loading, kalau setiap klik barang atau kunjungan
kehalaman website lebih dari 10 detik, alamat toko online kamu lambat loading.
b. Toko online kamu ribet seperti majalah kebanyakan daftar isi dan halaman yang harus dikunjungi.
Belum lagi setiap halaman banyak petunjuk-petunjuk
yang harus dibaca dengan kata-kata wajib dipahami, alamat pengunjung jadi takut
untuk berbelanja. Toko online kamu harus sederhana dan paling ribet hanya
memerlukan 4-5 langkah untuk melakukan pembelian, dari welcome hingga thank you for
your order and payment, jangan lupa datang lagi sering-sering.Pokoknya make
it simple, fun,enjoy dan belanja.
c . Toko online kamu salah konsep dan salah platform.
Seperti
juga toko di dunia nyata, toko online harus jelas konsepnya. Kalau jelas konsep
jadi jelas desainnya dan jadi jelas sasaran pasarnya, juga kitanya yang punya
toko jadi jelas dan mengerti harus pake platform e-commerce apa yang paling
cocok. Banyak saya lihat toko online yang terlalu asyik cerita kesuksesannya
menjual atau latar belakang kenapa dia jualan. Itu mah ngga perlu-perlu banget,
langsung saja to the point: Jualan!
Mengenai salah platform, kamu bisa pastikan kepada pembuat
toko online mengenai kinerja, kapasitas dan kemampuan toko online yang dibuat
berbanding dengan investasi yang dikeluarkan. Bagaimana cara memastikannya?
Kamu tanya saja poin 1 dan 2 diatas, ngerti ngga? Kalau ngga ngerti, tinggalkan
dan cari perusahaan pembuat toko online yang lain. Kalau dia bilang ngerti,
coba check kehandalan opsi – opsi yang ditawarkan seperti mesin pencarian
internal, gallery barang, opsi transakasi, konfirmasi, pengaduan, pertanyaan,
check out, dsb.
d. Jangan buat toko online kalau tidak punya barang alias miskin produk.
Walaupun jualannya telor asin, jangan hanya satu item saja,
jualan telor asin agak manis, telor asin rasa keju, rasa bawang, rasa coklat
atau telor asin warna oranye, warna hijau, telor asin ukuran 12 pack, 20 pack,
telor asin valentine, pokoknya apa saja kreativitas kamu, yang penting menarik
dan jangan terlihat miskin produk. Jangan lupa tampilkan dalam gambar yang
jelas dengan tersedia variasi sudut pandang gambar, ukuran gambar bahkan kalau
perlu video cara menikmati telor asin. Yah itu contoh yang bisa kamu
asosiasikan kedalam kebutuhan jualan produk kamu sendiri.
Mungkin demikian secara ringkas mengenai pembuatan toko
online dari sudut pandang marketing. Oh ya jangan lupa toko online kamu juga
menyediakan opsi mudah bagi feedback pengunjung,kamu juga harus bergaul di
sosial media dan tentu saja terus menerus berusaha lebih kreatif, lebih baik
dalam menyempurnakan toko online kamu.
Selamat berbisnis online!
terima kasih infonya, sangat bermanfaat.
ReplyDeletesalam kenal konsultan internet marketing jogja
Terimakasih infonya gan, lebih enak lagi kalau jualan online via jasa shopious gan :D pusatnya toko online :D
ReplyDelete