Tips Membangun Bisnis Asuransi

 On Wednesday, April 16, 2014  

konsultasi_bisnis_gratis
Pertanyaan:
saya fulltime sebagai sales asuransi jiwa dan sekarang saya sudah berjalan 2 tahun lebih tapi sekarang saya menemukan hambatan untuk membangun bisnis saya sebagai penjual asuransi oleh karena orang-orang terdekat, teman dan saudara sudah rata2 ambil asuransi.pertanyaan saya bagaimana membagun bisnis saya dalam arti bisa lebih banyak dapat nasabah baru, sedangkan saya orang nya rada malu kalau jualan door to door, apakah ada solusi buat saya untuk mengembangkan bisnis saya ini? terima kasih ya


Jawab:
Halo pak Hermansen, terimakasih atas kiriman pertanyaannya. Langsung saja ya. Ada tiga hal yang bisa kita cermati dari pertanyaan anda untuk mendapatkan jawaban paling pas terhadap persoalan anda dalam membangun bisnis asuransi: Kendala Pemasaran, Orang terdekat dan karakter anda yang cenderung pemalu. Ketiga hal tersebut sebenarnya saling terkait erat dan bermuara kepada diri anda. Perubahan yang harus segera anda lakukan adalah perubahan diri dalam menyikapi, mensiasati dan melakukan strategi perubahan.

konsultasi_bisnis_gratis

Membangun Bisnis Asuransi itu Sulit!

Jujur saya katakan, saya paling salut dengan orang yang memilih jalur membangun bisnis asuransi. Kenapa demikian karena menurut saya, membangun bisnis asuransi termasuk kerjaan yang sulit. Karena sulit makanya tidak semua orang mau bersusah payah menjadikan bisnis asuransi sebagai pekerjaan utama. Sulitnya membangun bisnis asuransi karena anda menjual produk  yang mahal, tidak bisa dilihat, disentuh apalagi di timang-timang. Membangun bisnis asuransi tidak seperti jual produk atau  jasa yang lainnya yang bisa segera dinikmati dan dirasakan manfaatnya.

Rahasia Bisnis Asuransi: Jual Diri!

Dalam membangun bisnis asuransi, Anda menjual ide. Mempengaruhi keyakinan, membangun kepercayaan dan iming-iming janji. Jadi sebelum anda mengusasi product knowledge asuransi anda, yang anda harus kuasai adalah self knowledge, anda harus persiapkan diri anda, karena sebelum menjual premi asuransi, anda harus melalui tahapan awal, yaitu menjual diri anda dulu. Jadi sebenarnya, rahasia membangun bisnis asuransi adalah kemampuan sang penjual untuk menjual dirinya dulu. Bagaimana caranya jual diri? Bagaimana bisa jual diri kalau cenderung pemalu? Bagaimana mau berhadapan dengan orang yang mungkin saja berminat kalau awal-awal sudah malu? Bagaimana mau presentasi, tebar pesona, bujuk rayu dan mempengaruhi orang kalau kita malu? Nah pertanyaan-pertanyaan tersebut yang harus anda jawab satu persatu dengan cara mengevaluasi kembali kinerja, sistem dan strategi anda dalam membangun bisnis asuransi anda.

Mulai dengan riset kecil – kecilan!

Anda harus rubah karakter pemalu dan melakukan evaluasi eksternal maupun internal. Evaluasi eksternal misalnya, Kalau saya jadi si A yang mau saya tawarkan produk asuransi saya, apa ya kira-kira yang bisa membuat si A ini tertarik? Nah, bikin riset kecil-kecilan untuk mendapat jawaban cepat sebelum anda kadung ditolak si A dengan lambaian tangan dan berkata: lain kali aja ya mas, heuheu. Jawaban yang kemungkinan anda dapat dari evaluasi anda harus seperti poin berikut ini.


Berpenampilan layaknya Agen Asuransi  sukses

Bagaimana mungkin anda menawarkan solusi “masa depan sukses” kepada calon client kalau anda tidak terlihat sukses. Penampilan sukses, tentu secara lahiriah anda harus berpenampilan se profesional mungkin. Jangan berpenampilan seperti sales, bergaya lah seperti para direktur di perusahaan asuransi anda: baju licin, sepatu mengkilat, jam kelihatan asli, menggenggam gadget, wangi, dsb. Pokoknya kalau berpapasan dengan Ariel Noah dan Sophia Latjuba, anda tidak kalah ganteng dan tidak kalah cakep.

Sok Akrab, Sok Kenal dan Sok perhatian

Jangan bawa kebiasaan pergaulan di komplek perumahan anda, jangan latah, jangan lo gue, jangan alay, jangan bilang ta elaah, jangan sotoy lah, tapi sebisa mungkin menunjukan pribadi yang sopan, akrab dan perhatian. Jadilah good listener, jangan mendominasi dan mendikte percakapan. Ambil tahu latar belakang lawan bicara anda, apa itu kebiasaanya, hobby, kesukaan, asal usul, dsb. Saya paling senang jika ada orang yang baru kenal tanya – tanya tentang anak saya. Umurnya berapa pak, sekolah dimana, wah cantik banget putrinya, pasti rangking ya di sekolah, dsb. Membangun bisnis asuransi adalah membangun kenyamanan untuk mendapatkan kepercayaan.

Sebelum menjual, membeli dulu

Strategi yang sering dilupakan saat membangun kepercayaan client adalah kita membabi buta berjualan. Bagaimanapun juga kita harus membeli dulu dari client sehingga mereka merasa senang membeli dari apa yang anda jual. Apa yang harus anda beli? Anda harus beli hatinya, sebelum itu anda harus beli waktunya, sebelum itu anda harus beli perhatiannya. Anda harus membeli sebanyak –banyaknya yang bisa anda beli agar produk asuransi anda bisa terjual.

Jangan seperti Caleg berkampanye

Membangun bisnis asuransi beda – beda tipis dengan kampanye caleg. Sering banyak jargon, sering bicara “pokoknya”, “pasti”, “pilih dulu nanti baru tahu”, dsb. Nah itu kebiasaan sales asuransi yang harus segera ditinggalkan. Lengkapi diri anda dengan wawasan yang luas, belajar dari pengalaman rekan bahkan orang-orang yang menolak asuransi. Banyak sales asuransi yang sukses karena sukses membangun hubungan dengan para client. Sehingga para client dengan sukarela merekomendasikan anda kepada kolega mereka. Bisnis asuransi dibangun oleh kekuatan promosi perorangan. Anda bisa saja bikin twitter, facebook atau blog tentang asuransi sekalipun, tetapi percayalah, keputusan pengambilan premi asuransi bukan karena info sekilas tetapi tahapan pertimbangan yang dibangun secara personal.


Demikian beberapa poin tips membangun bisnis asuransi dari saya, berdasarkan dari tiga hal utama permasalahan anda dalam membangun bisnis asuransi, semoga bermanfaat.
Tips Membangun Bisnis Asuransi 4.5 5 Ro-cket Pizza Indonesia Wednesday, April 16, 2014 Topik konsultasi bisnis tentang Tips Membangun Bisnis Asuransi Pertanyaan: saya fulltime sebagai sales asuransi jiwa dan sekarang saya sudah berjalan 2 tahun lebih tapi sekarang saya menemukan hamb...


5 comments:

  1. Luar biasa..terima kasih atas sharing "ilmu"nya yg sgt bermanfaat dari pak Doddy. Salam sukses selalu utk kita semua.

    ReplyDelete
  2. sangat luar biasa pak doddy masukannya buat saya, saya sangat berterima kasih banyak atas jawaban bapak atas pertanyaan saya kemarin. ini sangat membantu sekali dan sangat memberi inspirasi buat saya...pak doddy adalah seorang yang konsultan yang sangat hebat...dan luar biasa...thanks pak dodyy...

    ReplyDelete
  3. Masukan memang penting, tapi sayangnya kebanyakan leader hanya berteori dan tidak memberikan cara / step by step untuk menuju kesuksesan. Spt cntoh : leader selalu meeting dg unitnya dan hanya membahas mengenai kapan closing? Knp gk closing? Dan bla bla bla....
    TAHUKAH BAHWA yg kami butuhkan bukan pertanyaan spt itu, yg ksmi butuhkan adalah "cara penerapan di lapangan"
    Caranya ada disini, ikuti panduan dan step by stepnya...
    http://septian89.blogdetik.com/2014/05/20/rahasia-menjadi-agen-asuransi-sukses/

    ReplyDelete
  4. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    PEMINJAM DATA'S
    (1) Nama Lengkap:
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik SUNSHINE PINJAMAN PERUSAHAAN.
    Saya tidak pernah berpikir saya akan hidup saya untuk bertemu seseorang seperti Ibu sunshinee. Dia adalah permata yang langka. Saya Fadia dan saya mengambil waktu saya untuk bersaksi tentang Ibu sunshine karena akhirnya dia menawarkan apa tidak ada orang lain bisa.
    Saya dan suami saya pergi ke utang besar dengan debitur dan Bank, dan kita mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kami ke lebih banyak utang dan akhirnya meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu sunshine, ia menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya saya takut itu akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain saya telah menemukan tapi dia tidak menyukai mereka. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa pinjaman.
    Hubungi Ibu sunshine melalui email: Sunshineloancompany@gmail.com
    atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arah lebih lanjut: fadiarazaini@gmail.com

    ReplyDelete

Html forms powered by 123ContactForm.com | Report abuse