Pelet Asihan untuk Pelanggan

 On Wednesday, February 19, 2014  

tips marketing konsultanbizz

Dear Pak Doddy, Salam kenal pak…
Perkenalkan saya Joko Santoso dari kota Kisaran Medan Sumatera Utara. Saya mempunyai Usaha Percetakan kecil-kecilan di rumah yang baru berumur jagung pak dan mulai dari pertama buka sampai saat ini Alhamdulillah client tidak putus-putusnya datang ke tempat saya pak. Saya ingin minta solusi dan motivasi pada bapak bagaimana cara saya untuk tetap semangat dan tidak terlena atas itu semua dan tetap menggandeng client-client saya agar mereka tetap rindu dengan tempat usaha saya pak? Apa ada trik khusus pak? Mohon balasannya ya pak

Thanks and Best Regards
shipping@harvardcocopro.com


Dear Pak Joko, Salam kenal juga
Alhamdulillah usaha percetakannya berkembang baik dan diminati. Sebenarnya pak Joko sudah menjawab pertanyaannya sendiri: Bagaimana agar tidak terlena? Justru yang harus bapak tingkatkan terus adalah agar pelanggan anda menjadi semakin terlena. Enak ya pak? Dan Pak Joko harus berada pada posisi tetap terjaga dan waspada senantiasa dalam rangka melenakan pelanggan - pelanggan bapak. Nah kalau begitu, pasti Pak joko tahu seluk beluk bagaimana awal menarik mereka menjadi pelanggan dan kemudian membuat mereka loyal dan menjerumuskan mereka akan bujuk rayu, buaian dan lenaan pak joko agar terus datang dan datang lagi.

Kalau bahasa kerennya, yang sedang kita bahas adalah soal customer services.Kunci sukses dari customer services adalah bisa "meraga sukma" diri anda ke dalam benak, emosi dan psikologis para pelanggan dan calon pelanggan. Kayak dukun ya? Betul pak, kita pake teori dukun. bagaimana customer services adalah melancarkan ilmu "Asihan" dan "Pelet" dalam bisnis anda.

Kunci ilmu asihan adalah bagaimana anda mengasihi orang lain seperti anda mengasihi diri sendiri.Bagaimana anda ingin dilayani, diperhatikan, diurus, dilayani, di ramah tamahi, disayangi dan dicintai seakan - akan hanya andalah pembeli terpenting di dunia, begitu pula harus anda terapkan kepada pembeli dan pelanggan anda.

Jika anda ingin dilayani seperti raja, maka terapkanlah hal yang sama kepada pelanggan anda. Walaupun diluar toko anda, seorang pelanggan hanyalah office boy, maka dia akan segera datang dan candu ke tempat anda karena hanya di toko anda sajalah dia berubah menjadi raja dengan layanan dan keramah tamahan yang anda berikan kepadanya. Jika suatu saat ada kesalahan teknis yang merugikan, maka bak seorang raja, dia akan memaafkan anda (mungkin dengan sedikit nasehat) dan kembali mempercayai anda untuk "melayaninya".

Jika anda ingin didengarkan curhat dan segala keluh kesah anda baik yang nyambung maupun jaka sembung, maka demikian juga dengan orang lain.Apalagi pelanggan anda! Dengan perhatian yang khusyuk, bahasa tubuh anda yang fokus dan simpatik saat mendengarkan keluhan pelanggan, ditambah acting anda pura - pura memarahi karyawan anda di depan pelanggan dengan perintah agar segera memperbaiki kesalahan, maka niscaya anda kan lebih dipercaya oleh pelanggan anda dibandingkan seorang psikiater sekalipun heuheu.

Nah, kalau sudah memahami dua esensi customer services diatas, maka anda akan pandai untuk mudah mengucapkan permohonan maaf, mereduksi kata - kata menyebalkan seperti: tidak tahu, tidak boleh, jangan, ngga mungkin, tetapi anda akan mudah mengatakan iya pak, iya bu, anda benar pak, anda benar bu, untuk anda boleh, untuk ibu apa sih yang ngga saya layani, dan kata - kata menyenangkan yang ingin didengar para pelanggan.

Jika hati sudah terlena maka jangan lupa anda beri pengertian teantang kelebihann dan kekurangan bisnis yang anda lakukan, beritahu bahwa anda perlu pengertian dan kerjasama dalam menjalankan system bisnis anda, seperti: keharusan uang muka, sabar antrian, dilarang merokok diruang produksi tapi menyiapkan smoking area dan lain sebagainya. Yah semoga jawaban saya bisa menambah kepakaran anda selama ini dalam menangani para pelanggan anda ya Pak Joko, sukses selalu, salam saya untuk keluarga dan warga Kisaran Medan, Horas!

Pelet Asihan untuk Pelanggan 4.5 5 Ro-cket Pizza Indonesia Wednesday, February 19, 2014 Pelet asihan untuk pelanggan adalah artikel tentang tips marketing Dear Pak Doddy, Salam kenal pak… Perkenalkan saya Joko Santoso dari kota Kisaran Medan Sumatera Utara. Saya mempunyai Usaha Percetak...


2 comments:

  1. Hal yg simple tp bertuah...mantap pak.

    ReplyDelete
  2. Info Mobil VW (Volkswagen) Indomobil MT Haryono Lantai 3
    Agil (085715810091)

    ReplyDelete

Html forms powered by 123ContactForm.com | Report abuse