Tips Sales Mobil

 On Saturday, February 22, 2014  

Tips Sales Mobil by konsultanbizz


Salam Sejahtera Pak Doddy. Saya tertarik dengan forum konsultasi ini karena jawaban - jawaban anda praktis dan tidak teoritis, kena dengan orang dilapangan seperti saya. Begini pak, saya mempunyai semangat untuk meningkatkan target penjualan saya. Saya bekerja sebagai sales marketing di salah satu Showroom mobil merek principle buatan Jepang. Saya ingin sekali membuat cara yang lebih kreatif dari yang sudah dilakukan perusahaan selama ini. Karena saya rasa strategi yang dilakukan tidak banyak melakukan perubahan, contoh seperti pameran di Mall, sebar  brosur dan kartu nama. Menurut Pak Doddy, bagaimana cara yang lebih kreatif dan tentunya mempunyai pengaruh terhadap peningkatan omset penjualan.

Salam Hormat
Daniel – Jakarta


Jawab:
Terimakasih atas kiriman pertanyaannya. Wah seharusnya boss anda panggil saya nih, karena bicara strategi penjualan tidak bisa sekedar advise umum. Harus di mulai dengan riset yang betul sehingga tidak terjadi kesalahan dalam membuat strategi dan kesalahan dalam kebijakan / keputusan pemasaran.

Apalagi bicara soal penjualan konsep dealer atau showroom. Ini bisnis dengan kategori investasi besar sehingga harus melihat situasi dan kondisi internal dan eksternalnya. Secara umum kondisi dealer yang mandeg atau meraih target yang begitu – begitu saja, karena memang kegiatan pemasarannya seperti yang anda sebut, ya begitu – begitu saja: Ikut Pameran, Sebar brosur dankartu nama. Tapi lumayan kadang – kadang ada SPG yang unyu – unyu nya heuheu. Cuma jarang juga yang unyu – unyu itu pintar menerangkan. Giliran kita minta brief, eh dipanggil mas – mas yang tidak lagi unyu – unyu hahaha.

Tapi kalau anda bilang showroom anda adalah principle merek jepang, ngga usah repot lah berkreatifitas untuk perusahaan, ikut saja SOP dari principle karena Pemain global yang mendominasi pasar otomotive Indonesia telah mapan disemua jenis segmentasi pasar baik secara geografis, demografis, sosio budaya, gaya hidup, kepekaan harga. Sudah “ngerti” apa maunya pembeli Indonesia. Kalau mau, buat unit pemasaran anda sendiri yang tentunya menjadi cara kreatif anda untuk target perolehan income anda. Jualannya mobil showroom juga, tetapi the first people know adalah soal anda. Mau cari mobil baru yang urusannya paling mudah? Go to Daniel! Mengerti kan pak.

Jadi kalau secara psosisi pasar, barang dan perusahaan anda sudah kategori pemain utama, tinggal bagaimana caranya anda pikirkan “pertempuran” menjadi yang terbaik secara internal. Anda tidak usah memikirkan tahun ini merek jualan anda harus juara dan merek lain, tapi bagaimana anda harus juara dalam penjualan dibanding rekan anda sesama penjual di internal perusahaan. Jadi bicaranya minor marketing nih. Apa keunggulan yang sudah anda miliki dalam posisi anda sekarang?

Setidaknya anda menjadi bagian dari  perusahaan yang tidak lagi perlu menguras segala sumber daya untuk memenangkan pertempuran di pasar. Tanya saja level manajer, apa dia begitu kuatirnya tahun ini merek mobil jadi kurang populer, jadi kurang laku? Saya rasa tidak, yang dia kuatir itu jika anda dan teman – teman anda sebagai ujung tombak pemasaran kurang nafsu jualan, itu saja sebenarnya.

Nah ini yang harus digaris bawahi oleh sales dan juga bisa buat masukan para manajer dealer showroom adalah: kondisi Pengalaman buruk yang didapat oleh principle merek global dalam pelaksanaan distribusi penjualan melalui system dealer – showroom ini. Apa biasanya yang terjadi? Kejenuhan sales karena kegiatan marketing yang membosankan dan tidak menantang, membuat gairah untuk berkreatifitas lemah, kalau sudah lemah jadinya tumpul, kalau sudah tumpul maka seret jualan, kalau sudah seret di ujung maka jadilah penyakit yang merembet ke pangkal.

Yang terjadi kemudian kegagalan dealer dalam melakukan sell out yang ujung-ujungnya segala resiko (terutama resiko kegagalan branding development) terpaksa menjadi tanggungan yang mematikan bagi principle. Secara umum hal paling mudah yang bisa dijadikan kambing hitam oleh dealer dari kegagalan sell out adalah “Produk tidak cukup kuat untuk Menjual”, finally dealer akan minta banyak “perlakuan khusus” yang kalaupun diberikan belum tentu bisa meningkatkan kinerja penjualannya.

Jadi ini porsi perusahaan dan principal untuk memikirkan strategi marketing yang menggairahkan anda dan para marketer. Suruh baca saja artikel ini, ini sudah bagian premium services masuknya, corporate, beda deh kalau UMKM, mau gratisan juga saya layani heuheu. Tapi semoga bermanfaat ya pak Daniel? Sekian dari saya, terimakasih.

Tips Sales Mobil 4.5 5 Unknown Saturday, February 22, 2014 Tips sales mobil meningkatkan penjualan dealer Salam Sejahtera Pak Doddy. Saya tertarik dengan forum konsultasi ini karena jawaban - jawaban anda praktis dan tidak teoritis, kena ...


18 comments:

  1. bagi para sales mobil baru dari dealer. silahkan gabung di jaringan sales se-indonesia bersama kami di http://www.dealermobil.co

    ReplyDelete
  2. Info Mobil Honda, Trade in atau Butuh Mobil Honda Baru? ,
    Hubungi : Henry ( Honda Kumala Cikampek )
    Hp : 085210684826 / 085692058165, Pin Bbm : 7CE168D8.
    www.henryirawan.com/produk/honda/
    :)
    ...

    ReplyDelete
  3. Dijual new avanza dgn cicilan mulai 1 juta* Program terbatas bln nov 2015. Terima booking new innova.
    Info & pemesanan mhn hub: 082113349499 & 085772010058 (wa).
    Ingat toyota ingat Yogi Tambunan.

    Dibutuhkan.
    Sales mobil toyota, siap kerja utk area bekasi.
    Usia max 28 thn.
    Bagj yg serius & berminat silahkan menghubungi Yogi & antar lamaran nya langsung ke bekasi barat.

    Tks

    ReplyDelete
  4. Dijual new avanza dgn cicilan mulai 1 juta* Program terbatas bln nov 2015. Terima booking new innova.
    Info & pemesanan mhn hub: 082113349499 & 085772010058 (wa).
    Ingat toyota ingat Yogi Tambunan.

    Dibutuhkan.
    Sales mobil toyota, siap kerja utk area bekasi.
    Usia max 28 thn.
    Bagj yg serius & berminat silahkan menghubungi Yogi & antar lamaran nya langsung ke bekasi barat.

    Tks

    ReplyDelete
  5. info mobil suzuki bandung
    081222200414
    Billy

    ReplyDelete
  6. info mobil daihatsu :
    promo menarik, dp murah/angsurn murah

    Sam Daihatsu Indonesia
    Fleet & Government Sales Spv
    08179447094/081315147992

    ReplyDelete
  7. Info Toyota Are Aceh, hubungi Andre 085262645085. BlackBerry :2afc88cd

    ReplyDelete
  8. Info truk dan bus HINO
    Area Dki jakarta, jabar dan banten.
    Hub Yoga
    0896.1202.8282
    0813.3377.2235

    ReplyDelete
  9. Info truk dan bus HINO
    Area Dki jakarta, jabar dan banten.
    Hub Yoga
    0896.1202.8282
    0813.3377.2235

    ReplyDelete
  10. Portal sales mobil www.dealermobil.org

    ReplyDelete
  11. PT. Indomobil Prima Niaga, Perusahaan yang bergerak dalam bidang Penjualan Truk dan Bus HINO, Perusahaan kami merupakan dealer resmi salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia.

    Kami akan memberikan harga dan penawaran khusus serta pelayanan terbaik, jika Anda bersedia untuk membeli unit Truk atau Bus dari perusahaan kami sebagai Kendaraan Niaga. Saat ini kami memiliki program FSP (Free Service Program), gratis service dan suku cadang selama 2 tahun / 60.000 km, mana yang lebih dulu.

    Untuk informasi dapat menghubungi:

    NUR CHOLIS
    0859 2403 7324
    0852 1593 9055
    BBM: 5F5C4E68
    n.cholis1922@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. mau penghasilan tambahan rutin setiap hari
    klik www.rayamurni.rpon.net

    ReplyDelete
  13. info karoseri truk
    hubungi rizki
    085775914486

    ReplyDelete
  14. info karoseri truk
    hubungi rizki
    085775914486

    ReplyDelete
  15. mau penghasilan tambahan rutin setiap hari
    klik www.rayamurni.rpon.net

    ReplyDelete
  16. info mobil honda banjarmasin
    hub arief 082158900363
    www.mobilborneo.com

    ReplyDelete
  17. Info mobil Honda Jakarta
    Hub Alda 087788449184

    ReplyDelete

Html forms powered by 123ContactForm.com | Report abuse